Permainan yang Bisa Dilakukan Saat Mudik Agar Anak Tenang

Sabtu, 24 Juni 2017 - 14:20 WIB
Permainan yang Bisa Dilakukan Saat Mudik Agar Anak Tenang
Permainan yang Bisa Dilakukan Saat Mudik Agar Anak Tenang
A A A
JAKARTA - Mudik bersama anak merupakan hal yang menyenangkan. Namun Anda perlu berhati-hati jika melakukan perjalanan jauh bersama si kecil. Pasalnya, hal ini kerap membuat mereka merasa bosan, apalagi jika si kecil merupakan tipe yang sulit untuk bersabar.

Agar anak terasa nyaman dan betah dalam perjalanan mudik, Psikolog anak Anna Surti Ariani menyarankan untuk menyiapkan beberapa mainan. Salah satu permainan yang cukup efektif saat perjalanan adalah menghitung angka.

"Contohnya ada berapa jumlah mobil berwarna merah yang melintas atau sebagainya. Bisa juga dengan menyebutkan kata dengan nama Pancasila Lima Dasar. Minta mereka menyebutkan nama-nama binatang atau tokoh idolanya dari huruf yang terpilih," papar Anna.

Para ibu juga bisa menyiapkan permainan yang lebih mengasyikan lainnya. Seperti permainan teka teki yang dicetak di selembar kertas. Permainan ini bisa disipkan para ibu jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Atau permainan dongeng bersambung, misalnya ibu menceritakan satu kalimat kemudian dilanjutkan oleh ayah, kakak, dan adik, dan seterusnya. Ini juga bisa jadi permainan imajinatif bagi anak," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4907 seconds (0.1#10.140)